Alasan Mengapa Tidak Semua Tablet Bisa Install BBM Android

Alasan Mengapa Tidak Semua Tablet Bisa Menjalankan BBM - Masih tentang BBM Android, kali ini saya akan berbagi sedikit informasi yang baru saja saya dapat dari seorang master android. AndroidSemenjak rilis BBM (Black Berry Messenger) untuk android dan iOS, banyak yang bertanya, misal kenapa OS sudah JellyBean tapi tetap tidak dapat menginstall BBM untuk android dari google play store padahal katanya minimal ICS?

Dari pada sekedar katanya-katanya, akan lebih baik jika dibedah sekalian, semoga bermanfaat.


Yang dilakukan adalah membedah file apk aplikasi BBM tersebut (baca disini) . dengan melihat isi file AndroidManifest.xml, karena di sini pusat informasi sebuah aplikasi android, mulai dari level API minimal, ukuran layar yang didukung, permission yang dibutuhkan/diminta dsbnya. Dan juga ada beberapa file/lokasi lain yang ditinjau.
Android Manifest
Dari pembedahan ini, didapat beberapa poin seperti pada gambar:

1) Pada kode yang diberi tanda kotak angka 1, terdapat xml tag support-screens dengan variabel android:xlargeScreens bernilai false. Variabel ini yang menentukan apakah support untuk tablet atau hanya phone, bernilai true maka support tablet, jika false maka tidak support tablet. Yang dimaksud di sini adalah UI (User Interface) style-nya, apakah diset phone style atau tablet style. Mungkin ada yang berhasil install di tablet, kemungkinan karena UI style diseting phone style oleh vendor meskipun perangkatnya adalah tablet.

2) Pada kode yang diberi tanda kotak angka 2, terdapat sdkInfo, yaitu minSdkVersion = 14. Itu adalah level API minimal, level 14 adalah level API untuk android ICS (4.0.x). Jadi minimal untuk dapat menginstall BBM adalah android versi 4.x ke atas, alias ICS ke atas.

3) Pada kode yang diberi tanda kotak angka 3, terdapat android.hardware.telephony, required bernilai true, artinya mensyaratkan perangkat android yang punya kemampuan telepon (baca disini). Dari sini bisa ditarik kesimpulan, semua perangkat android kategori phone otomatis lolos persyaratan, akan tetap tidak untuk tablet, karena tidak semua tablet punya kemampuan telepon (voice), hanya beberapa.

4) Poin ini tidak saya ambilkan tampilan gambarnya. Yaitu pada file apk tersebut, terdapat folder lib yang berisi pustaka khusus ARMv7. Artinya BBM untuk android mensyaratkan arsitektur CPU perangkat minimal ARMv7 untuk dapat menginstall. Bagaimana mengecek arsitektur CPU perangkat ponsel pintar android? Dengan menuju pengaturan kemudian ke "tentang ponsel" (about phone), lihat ke bagian CPU.

Jadi kesimpulannya, setidaknya ada 4 syarat untuk dapat menginstall BBM untuk android dari google play store, antara lain:


1) Phone, bukan tablet, lebih tepat/spesifiknya UI (User Interface) style yang didukung adalah phone style.

2) Minimal android versi 4.x, yaitu minimal ICS.

3) Punya kemampuan telepon (voice), semua phone android lolos syarat ini, tapi tidak dengan tablet android, karena beberapa tidak punya kemampuan telepon (voice). Baca disini

4) Arsitektur CPU perangkat adalah minimal ARMv7.

Pengecekan persyaratan tersebut adalah oleh google play store, jadi pengecekan tersebut bisa dilewati dengan mengunduh file apk dari sumber lain dan meng-install-nya, tapi tidak menjamin akan sukses dan lancar tanpa error seperti yang diharapkan. Terima kasih kepada om Trias Mukti Kuncoro pencerahan yang beliau berikan.

Oke, Mungkin sampai disini dulu, jika ada dari para pengunjung yag ingin menambahkan seilahkan bekomentar saja. Terima kasih kepada om Trias Mukti Kuncoro pencerahan yang beliau berikan.