5 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Indonesia

5 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Indonesia - Banyak situs atau website yang ada di dunia ini. Mulai dari jejaring sosial, portal berita, hingga blog pribadi. Mulai dari situs atau website yang sangat serius, cukup serius, setengah serius, bahkan hingga yang tidak serius pun ada. Maksudnya yang tidak serius, sekarang bikin website atau blog, beberapa waktu kemudian tidak pernah diaktifkan lagi. Terkadang, bisa bertahun-tahun baru ditengok lagi. Jadi, itulah yang tidak serius.
Logo Social Media

Dari seluruh situs yang ada di dunia, kita pasti mengenal facebook, google, yahoo, dan beragam situs populer lainnya. Di dunia ini ada lima situs yang paling populer. Di urutan pertama ada google, disusul facebook, kemudian ada youtube, yahoo, dan baido.com. Situs baido.com adalah sebuah situs pencarian seperti yahoo dan google, yang sangat popular di Cina.

Nah, lalu di Indonesia, situs apa yang paling populer? . Ke-10 situs itu adalah:

1. Facebook

Logo facebook

Siapa yang tak kenal Facebook? Situs yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini merupakan situs jejaring sosial paling populer didunia dengan sekitar 1 milyar pengguna. Di Indonesia situs ini juga sangat populer, mulai dari Presiden sampai petani memiliki akun di Facebook. Menurut catatan, Indonesia adalah pengguna Facebook ke-4 terbesar didunia setelah Amerika Serikat, Brazil dan India.

2. Twitter

Logo Twitter

Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang sedang hype digunakan banyak masyarakat Indonesia. Meskipun dibatasi hanya 140 karakter, tetapi tetap saja banyak orang-orang Indonesia yang berkicau di Twitter. Mungkin ini karaketeristik dari masyarakat Indonesia yang senang bersosialisasi. Perlu diketahui bahwa saat ini Indonesia adalah pengguna Twitter terbesar ke-5 didunia.

3. Path

Logo Path

Path adalah jejaring sosial dimana pengguna bisa menginformasikan sesuatu melalui gambar, foto, serta video. Path didesain sebagai media untuk berbagi informasi kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Pengguna Path di Indonesia terbilang banyak, satu perlima pengguna Path dunia adalah masyarakat Indonesia dan lebih dari setengah aktivitas Path datang dari Indonesia.

4. Line

Logo Line

Salah satu jejaring sosial untuk layanan chatting yang paling digandrungi masyarakat Indonesia adalah Line. Line merupakan layanan chatting yang bisa digunakan dibanyak platform seperti komputer, laptop, hp, dan tablet. Untuk di Indonesia sendiri, Line merupakan yang terdepan dengan sekitar 10 juta pengguna mengalahkan pesaing-pesaingnya seperti Whatapps, Kakao Talk dan We Chat.

5. Google Plus

Logo Google plus

Google Plus merupakan jejaring sosialnya Google yang berusaha menyaingi kebesaran Facebook dan Twitter. Sebelumnya Google telah banyak mengeluarkan situs jejaring sosial, salah satunya adalah Orkut yang populer di Brazil dan Indonesia. Nampaknya Google harus kerja ekstra keras untuk bisa agar Google Plus bisa mensejajarkan diri bahkan mengalahkan Facebook dan Twitter.

Pembahasan diatas mengenai macam-macam jejaring sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Layaknya dua sisi mata uang, jejaring sosial tidak hanya memberikan manfaat besar tetapi juga bisa memberikan dampak negatif. Untuk itu, sudah sepatutnya bagi kita semua untuk mengoptimalkan manfaat yang didapatkan dari jejaring sosial dan meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi kepada kita.