Kesalahan Kecil Berakibat Fatal Pada Sesi Interview Pekerjaan

Kesalahan Kecil Berakibat Fatal Pada Sesi Interview Pekerjaan - Seorang pelamar yang baik adalah sosok yang mampu memberikan kesan tersendiri pada saat sesi interview pekerjaan. Tidak cukup hanya dengan berpakaian yang sopan dan tutur kata yang baik, namun ada beberapa kesalahan kecil yang sering dilakukan oleh seorang pelamar terkadang memberikan dampak yang buruk bagi tim penyeleksi yang berujung pada penolakan terhadap pelamar kerja. Beberapa kesalahan di bawah pada umumnya adalah hal-hal remeh yang sering kali tidak disadari oleh si pelamar kerja. Jadi, jika anda serius ingin diterima kerja, maka jangan pernah melakukan kesalahan pada sesi interview pekerjaan berikut ini :

Sesi Interview Pekerjaan
  • Datang Tidak Tepat Waktu
  • Dengan datang terlambat atau tidak tepat waktu akan memberikan kesan bahwa anda adalah seorang yang tidak memiliki manajemen waktu yang baik.Tim penyeleksi akan berfikir interview saja sudah terlambat, bagaimana kalau sudah kerja nanti. 90% perusahaan akan memutuskan bahwa anda tidak layak untuk diterima menjadi seorang pegawai.

  • Penampilan Yang Kurang Baik
  • Ibarat sebuah produk yang memiliki kemasan atau packging yang baik akan lebih menarik bagi seorang pembeli dibandingkan dengan produk yang memiliki kemasan yang sudah rusak atau urang baik. Yang saya maksud penampilan yang kurang baik di sini adalah pakaian yang tidak rapih/kusut, dandanan yang terlalu berlebihan. Yang terpenting adalah pakaian yang rapih dan nyaman untuk ada pakai pada sesi interview pekerjaan.

  • Tidak Tahu Profil Perusahaan
  • Sebelum hari H sesi interview pekerjaan sebaiknya anda melakukan penelitian kecil-kecilan tentang perusahaan tempat anda melamar. Cari tahu tentang sejarah sampai perkembangan terkini tentang perusahaan tersebut. Misalnya anda ditanya "Anda tahu perusahaan ini bergerak dibidang apa ?". Jangan sampai anda menggeleng tidak tahu.

  • Silent Atau Matikan Ponsel
  • Kesalahan kecil berikutnya adalah lupa mematikan/silent ponsel saat interview pekerjaan sedang berlangsun. Deringnya akan menggangg konsentrasi anda dan tim penyeleksi, mereka bisa menilai kepribadian anda dari situ. Jadi sebaiknya silent atau matikan ponsel saja anda sebelum proses interview berlangsung.

  • Sotoy (Sok Tahu)
  • Salah satu sifah manusia yang individualis terkadang menjadikan mereka sulit untuk diterima oleh seorang perusahaan. Jangan pernah merasa paling tahu (sok tahu) karena dianggap tidak mau mendengarkan orang lain. Perusahaan biasanya membutuhkan seorang yang mampu bekerja secara tim, bukan seorang yang individualis.

  • Terlalu Percaya Diri
  • Sesuatu yang berlebihan itu meskipun bernilai positif terkadang bisa menjadi negatif bagi kita. Biasanya perusahaan tidak membutuhkan orang yang terlalu percaya diri karena mereka tidak mau menanggun apabila terjadi kesalahan yang dikarenakan oleh orang tersebut.

  • Menceritakan Perusahaan Lama
  • Menceritakan kejelekan perusahaan lama anda merupakan sifat yang tidak profesional dan tidak respect terhadap perusahaan lama anda. Ini akan memberikan penilaian negatif oleh tim penyeleksi karena mereka berfikir anda akan melakukan hal yang sama pada perusahaan tempat ada melamar nanti jika anda telah keluar dari perusahaan tersebut.

  • Jawaban Kurang Meyakinkan
  • Sebaiknya hindari penggunaan kata-kata "kira-kira", "mungkin", dan "sepertinya". Jawaban yang ragu-ragu mencerminkan kepribadian anda yang kurang tegas dalam mengambil sebuah keputusan, apalagi sebagian besar perusahaan menyukai seorang pekerja yang mampu bekerja dibawah tekanan.
Demikianlah beberapa kesalahan pada sesi interview pekerjaan. Jika anda telah membaca dengan baik maka sekaranglah waktunya untuk take action memperbaiki segala kesalahan yang telah anda lakukan sebelumnya, dan jangan lupa berdoa karena semua yang telah saya paparkan di atas tidak akan ada gunanya jika anda tidak berserah kepada - Nya. Akhir kata saya ucapkan semoga artikel ini dapat membatu anda untuk menjalani karir sesuai yang anda dambakan.